film penganten sunat 20101116 007 uji Sunat Usia Dewasa/TuaKemajuan Ilmu Pengetahuan khususnya bidang kesehatan, memunculkan bermacam-macam alat kesehatan khusus alat sunat. Sunat pada saat ini yang semula merupakan momok yang menakutkan bagi sebagian orang, sedikit demi sedikit memudar, dengan kemudahan yang diberikan oleh kemajuan alat sunat.

Sunat yang dilakukan pada usia dewasa memang lebih beresiko dibandingkan dengan usia anak-anak. Namun dengan kemajuan teknologi khitan usia dewasa sekarang tidak menjadi masalah yaitu dengan menggunakan Flashcutter.

Sunat yang dilakukan saat usia sudah dewasa, secara teknis tidak ada kendala. Tentang teknik yang akan digunakan, saat ini memang banyak pilihan. Ada cara konvensional yaitu pemotongan kulit khitan dengan pisau bedah, dengan metode Flashcutter atau bisa dengan sarana laser.

            Dari tiga cara tersebut, tindakan penyuntikan obat kebal (anaestesi lokal) sama-sama dilakukan sebelum proses pemotongan kulit khatan. Suntikan kebal yang utama dilakukan di daerah pangkal penis, suntikan tambahan bisa dilakukan di beberapa tempat di kulit penis, tetapi tidak di kepala penis. Setelah dipastikan efek obat kebal  berfungsi secara efektif, baru kemudian pemotongan kulit khatan dilakukan.

 

            Pemotongan bisa dilakukan dengan pisau bedah pada cara konvensional, atau bisa dengan Flashcutter, bisa juga dengan sarana laser. Pemotongan dengan Flashcutter atau laser hampir sama, hasilnya setelah dipotong akan sangat minim ada perdarahan. Namun, tindakan untuk menjahit luka bekas irisan tetap dilakukan agar penyembuhan terjadi sempurna.

            Khitan dengan cara konvensional, walaupun setelah pemotongan kulit akan tampak ada darah yang mengalir tetapi tidak masalah. Tindakan untuk mengikat satu demi satu dari saluran darah yang terpotong membutuhkan waktu relative lama dan membutuhkan pengalaman khusus. Bahayanya jika dilakukan dengan sembrono dapat menyebabkan bahaya tersayatnya atau terpotongnya penis. Harap diingat bahwa 100% kasus terpotongnya penis saat khitan terjadi pada metode konvensional ini. Rata-rata, kulit bekas khitan sembuh sekitar 10 hari sampai 2 minggu. Namun jika anda khitan dengan metode flashcutter  dalam kondisi normal umumnya sembuh dalam waktu 3 sampai 5 hari saja. Masalah kecepatan penyembuhan pasca khitan bergantung juga banyak hal. Antara lain, kondisi kesehatan individu, kondisi sterilisasi saat tindakan, alat yang dipergunakan, perawatan pasca khitan dll.

BACA ARTIKEL YANG LAIN: