2012 03 13 02 46 39 SUNAT DC Sunat Efektif Cegah Kanker ProstatBAGI Anda kaum pria, ada baiknya melakukan sunat sebelum menikah. Hal itu bukan tanpa alasan. Disebutkan, sunat sebelum melakukan hubungan seksual pertama kali bagi seorang laki-laki dapat membantu melindunginya dari kanker prostat.

Manfaat itu terungkap melalui studi yang dilakukan oleh para peneliti di Fred Hutchinson Cancer Research Center. Terlihat, sunat dapat menghambat infeksi dan peradangan yang dapat menyebabkan penyakit ganas ini.


Infeksi pada alat kelamin pria diketahui bisa menyebabkan kanker. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa infeksi menular seksual dapat memicu perkembangan kanker prostat. Maka itulah, infeksi menular seksual tertentu sebenarnya dapat dicegah dengan sunat. Oleh karena itu, bisa dipastikan sunat mampu melindungi seseorang dari perkembangan beberapa kasus kanker prostat.

Peneliti Jonathan L Wright MD dari Pusat Hutchinson Divisi Umum Ilmu Kesehatan beserta rekan-rekannya telah menguji teori itu. Mereka menganalisis data dari 3.399 laki-laki (1.754 dengan kanker prostat dan 1.645 pria sehat).

Terungkap, pria yang telah disunat sebelum hubungan seksual pertama mereka, sebanyak 15 persen berisiko lebih rendah terserang kanker prostat daripada pria yang tidak disunat.

Lebih lanjut, infeksi menular seksual dapat menyebabkan kanker prostat dengan menyebabkan peradangan kronis yang menciptakan lingkungan yang memudahkan sel kanker untuk berkembang.

Sunat dapat melindungi terhadap infeksi menular seksual dengan menyingkirkan area lembap yang berada di bawah kulup yang dapat membantu patogen bertahan hidup. "Meskipun hanya observasional, data ini menunjukkan bahwa secara biologis, sunat memang mampu mengurangi risiko kanker prostat. Namun, diperlukan penelitian lagi untuk membuktikan hubungan ini," tambahnya. (USNews/Pri/OL-06)

BACA ARTIKEL YANG LAIN: