ANAK AKTIF Banyak Gerak Sebabkan Luka Khitan Pada Anak Lama Sembuh! Benarkah?Sebagai orang tua yang barusaja mengkhitankan anaknya, tentu merasakan kebingungan melihat luka khitan lama sembuh. Kebanyakan orang tua menyimpulkan penyebabnya adalah karena si anak terlalu aktif bergerak. Benarkah demikian?.

Pada prinsipnya untuk mempercepat penyembuhan pasca khitan perlu dijaga dan dihindari luka bekas khitan agar tidak lembab.  Hal ini merupakan salah satu upaya agar luka pasca khitan cepat kering. Namun, sering kali anak dilarang banyak bergerak karena khawatir lukanya tak cepat kering.

Menurut dr Arry Rodjani SpU bahwa banyak gerak dengan lama sembuhnya luka khitan tidak ada hubungannya. Luka khitan akan cepat sembuh bila perawatan dilakukan dengan tepat. "Yang menyebabkan keluhan bekas luka tidak kunjung kering mungkin ada kelainan pada penis atau teknik pengerjaan sunatnya yang tidak tepat," kata dr Arry.

Ada dua prosedur khitan yang biasanya mempengaruhi lama atau cepat keringnya luka khitan :

Tanpa Balutan. Pada luka khitan dengan perlakuan yang tidak menggunakan balutan biasanya akan cepat kering. Dokter akan menggunakan prosedur ini jika dirasa aman dan yakin tidak ada masalah selama operasi, seperti perdarahan.
Dengan Balutan, Pada Perlakuan dengan balutan biasanya luka lebih lama kering, maka usahakan bagian yang dibalut tidak basah dan lembab,

Pada penggunaan alat sunat Flashcutter menggunakan prosedur Tanpa Balutan, karena setelah terpotong sudah tidak ada pendarahan. Sehingga rata-rata anak yang disunat dengan Flashcutter akan sembuh dalam 3-5 hari.

BACA ARTIKEL YANG LAIN: